Discuss : Apa sih VGA itu?




MSI GTX 980Ti

1. Opening


Halo sahabat Eura dimanapun anda berada. Kali ini saya akan membahas tentang VGA. jadi apakah VGA itu? VGA merupakan kepanjangan dari Video Graphics Aray yang merupakan Komponen paling penting untuk bermain Game. Karena tanpa VGA kita tidak akan bisa memainkan Game dengan Lancar. tetapi ada inovasi terbaru dari AMD seperti APU. APU merupakan kepanjangan dari Accelerating Processing Unit. Maksudnya, Jika kita bermain game kita tidak usah menggunakan VGA karena didalam APU tersebut sudah ada GPUnya. APU yang paling terkenal adalah APU yang terdapat pada Notebook - Notebook Pada Umumnya yaitu APU A-series seperti A10, A8, A6 dan E- Series. Oke kita kembali ke VGA. Jadi di dunia ini hanya ada dua perusahaan VGA apakah itu?? Langsung saja kita bahas!

2. Perusahaan VGA
 Jadi di dunia ini hanya ada 2 Perusahaan VGA yaitu AMD dan Nvidia!. jadi apakah sih AMD dan apakah yang membedakan AMD dengan Nvidia begitupun sebaliknya? nah sebelum AMD ada perusahaan yang bernama ATi. apakah ATi itu? dan kenapa bisa bekerjasama dengan AMD? langsung saja kita ke sejarah ATi!
Logo Perusahaan ATi

A. AMD Radeon / ATi Radeon


ATi Technologies atau yang biasa disebut ATI merupakan sebuah perusahaan teknologi semikonduktor yang berada di markham, ontario, kanada. Perusahaan ini hanya memproduksi dan mengembangkan unit pengolah grafis dan juga chipset. Berdiri pada tahun 1983 dengan nama Array Technology. Pendirinya ada empat orang yaitu Lee ka lau, Francis Lau, Benny Lau dan Kwok Yuen Ho.

Pada tahun 1987, ATi telah menjadi penyuplai graphic card secara mandiri. Pada tahun ini juga ATi memperkenalkan graphic card EGA Wonder dan Lini Graphic card wonder. Pada tahun 1990-an, ATi memproduksi sebuah produk yang dapat memproses grafis tanpa bantuan dari CPU. Kemudian pada tahun 1991 ATi memproduksi graphic card dengan nama Mach8, dilanjutkan pada tahun berikutnya yaitu Mach32, yang menawarkan peningkatan bandwith memory dan juga GUI Akeselerasi.

Pada tahun 1993, ATi Technologies, Inc menuju publik dengan saham yang terdaftar di NASDAQ dan Bursa Efek Toronto. Pada tahun 1994, Mach64 yang merupakan pengembangan dari seri sebelumnya memulai debutnya. Mach64 memiliki fitur seperti Powering Graphic Xpression & Graphic Pro Turbo dan dukungan hardware warna dari YUV ke RGB.

Ati memperkenalkan kombinasi pertama dari teknologi 2D dan 3D Accelator di bawah nama 3D Rage. Chip ini berbasis dari Mach64, namun memiliki fitur untuk menampilkan akselerasi 3D. ATi Rage didukung hampir seluruh lini graphic card Ati. Ati Rage Pro merupakan kartu grafis alternatif dari Vodoo 3DFX yang mendukung 2D dan 3D. Kemudian pada tahun 1999, 3D Rage mengalami kemajuan seperti dukungan DirectX 6.0 dan memiliki nama 3D Rage 128.

Pada tahun 1996 ATI meluncurkan graphic card All in Wonder. Graphic card yang pertama kali mengkombinasikan chip grafis dengan TV tuner dan memungkinkan untuk menampilkan grafis di media televisi. Beberapa fitur unggulan dari graphic card All in wonder yaitu akselerasi 3D oleh 3D Rage II, 64Bit-2D Performance, TV Quality Video Acceleration, Analog video capture, TV Tuner Functionality, Flicker-free TV Out, dan Stereo TV Audio Reception.

Di tahun yang sama, ATi juga terjun ke dunia komputasi mobile dengan memperkenalkan 3D Graphic Acceleration pada laptop. Pada lini ini, sedikit berbeda dengan pengguna PC Desktop seperti penggunaan daya yang lebih rendah, panas yang di keluarkan lebih sedikit, kemampuan untuk dan menampilkan output TMDS pada layar. Kemudian pada tahun 1997, ATi mengakuisisi aset grafis Tseng Labs, termasuk juga 40 insinyurnya.

Pada tahun 2000, jajaran produk radeon di perkenalkan. Unit pengolahan baru ini pun memiliki teknologi yang baru seperti dukungan directx 7.0 akselerasi 3D, akselerasi video dan 2D akselerasi. Teknologi terus dikembangkan untuk generasi tertentu dapat dibangun di berbagai tingkat fitur untuk menyediakan produk yang cocok untuk memenuhi kebutuhan pasar, dari kelas high-end sampai kelas low end dan juga kelas mobile.

Pada tahun yang sama, ATi di akuisisi ArtX, yang mana chip grafis flipper digunakan dalam konsol permainan Nintendo gamecube. Mereka juga menciptakan chip versi modifikasi (codenamed Hollywood) untuk penerus dari gamecube, wii. Kemudian microsoft mengontrak ATi untuk mendesain inti grafis (codenamed XENOS) untuk produknya microsoft yaitu Xbox 360. Pada tahun 2005, ATi mengakuisisi kekayaan intelektual kabel modem silikon terayon untuk memperkuat dipasar konsumen televisi digital.

Pada akhir tahun 2005, tepatnya bulan november, KY Ho pensiun dari Ketua Dewan dan digantikan oleh Dave Orton yang bertugas sebagai presiden dan juga CEO dari organisasi tersebut.

Pada tanggal 24 Juli 2006, AMD (advanced micro devices) mengakuisisi ATi dengan kesepakatan senilai $5,6 Milyar. CEO ATi yaitu Dave Orton menjadi wakil presiden bisnis visual dan media pada AMD sampai pada akhirnya mengundurkan diri pada tahun 2007. Pada tanggal 30 Agustus 2010, Jhon Triloka mengumumkan bahwa grafis dengan nama ATi akan dipensiunkan dan seterusnya graphic card ini akan diberi nama AMD. Dan itulah Asal mula AMD Radeon yang ada pada sekarang ini.

AMD Radeon R9 Fury X merupakan Graphic Card tertinggi dari AMD Radeon saat ini


B. Nvidia 


Logo Nvidia

Pada tanggal 14 Desember 2005, nVidia diperoleh Elektronik Uli, yang pada waktu yang disediakan pihak ketiga untuk bagian Southbridge Chipset untuk ATI, nVidia dari pesaing. Pada Maret 2006, diperoleh Hybrid Graphics nVidia dan pada 5 Januari 2007, ia mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan akuisisi PortalPlayer, Inc
NVidia pada bulan Desember 2006, bersama dengan saingan utama dalam industri grafis AMD (yang mengakuisisi ATI), menerima panggilan dari Departemen Kehakiman mengenai kemungkinan pelanggaran antitrust di industri kartu grafis.
Majalah Forbes yang bernama nVidia Perusahaan of the Year untuk tahun 2007, Citing the accomplishments itu dilakukan selama periode berkata serta selama 5 tahun sebelumnya.
Pada bulan Februari 2008 nVidia diperoleh Ageia Technologies untuk undisclosed sum. “Membeli mencerminkan kedua perusahaan [ ‘] bersama-sama untuk menciptakan tujuan yang paling luar biasa dan pengalaman permainan menawan,” kata Jen-Hsun Huang, Presiden dan CEO dari nVidia. “Dengan menggabungkan tim yang menciptakan dunia yg dpt menembus GPU dan fisika mesin merek, kami sekarang bisa membawa GeForce-accelerated PhysX ke dua belas juta gamers di seluruh dunia.” [Ini mengutip kutipan] (Media massa-release [kutipan diperlukan] dibuat tidak menyebutkan dari biaya akuisisi maupun dari produk tertentu.)
Perusahaan yang menggabungkan nama awal n – surat digunakan sebagai pronumeral pernyataan dalam matematika – dan akar-video yang berasal dari bahasa Latin buat, “melihat”, sehingga implying “pengalaman visual yang terbaik” [kutipan diperlukan] atau mungkin ” tak menampilkan “. [asli penelitian?] Nama NVIDIA menunjukkan” iri hati “(Spanyol envidia atau dalam bahasa Latin, Italia, atau Rumania invidia); dan dari Nvidia GeForce 8 rangkaian produk menggunakan slogan” Green with envy “. Perusahaan-nama muncul seluruhnya dalam huruf besar ( “NVIDIA”) di perusahaan dokumentasi teknis.
Produk NVIDIA
Nvidia dari portofolio produk-grafis-termasuk prosesor, komunikasi nirkabel-prosesor, platform PC (Motherboard inti-logika) chipset, dan digital-media player software. Masyarakat dari pengguna komputer tahu arguably nVidia terbaik untuk “GeForce” produk-line, yang tidak hanya menawarkan lengkap baris “discrete” chip grafis ditemukan di AIB (add-in-board) kartu video, tetapi juga menyediakan inti – teknologi baik di game konsol Microsoft Xbox, Sony PS3 game konsol, dan motherboard nForce.
Dalam banyak hal mirip dengan nVidia saingan ATI: Kedua perusahaan dimulai dengan fokus pada PC dan kemudian memperluas pasar mereka ke dalam kegiatan non-chip untuk aplikasi PC. Nvidia tidak menjual papan grafis ke dalam pasar ritel, bukan fokus pada pengembangan GPU chips. Sejak nVidia adalah perusahaan semikonduktor fabless, manufaktur chip disediakan di bawah kontrak oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company Ltd (TSMC). Sebagai bagian dari operasi mereka, baik ATI dan nVidia membuat “acuan desain” (Circuit Board schematics) dan manufaktur memberikan contoh kepada mitra papan. Produsen termasuk kartu nVidia BFG, EVGA, Foxconn, dan pny. XFX, ASUS, ECS, Gigabyte Technology, dan memberikan contoh MSI produsen kedua kartu ATI dan nVidia.
Desember 2004 melihat pengumuman bahwa Nvidia akan membantu Sony dengan desain grafis dengan prosesor (RSX) di konsol game PlayStation 3. Pada bulan Maret 2006 yang muncul nVidia RSX akan menyampaikan ke Sony sebagai IP-inti, dan Sony sendiri akan bertanggung jawab atas barang-barang manufaktur dari RSX. Di bawah perjanjian, nVidia akan memberikan dukungan terus-menerus ke pelabuhan yang RSX ke Sony dari fabs pilihan (Sony dan Toshiba), serta mati shrinks ke 65 nm. Ini adalah keberangkatan dari nVidia urusan bisnis dengan Microsoft, yang dikelola nVidia produksi dan pengiriman yang melalui nVidia GPU Xbox biasa dari pihak ketiga penuangan kontrak. (Sementara itu, Microsoft telah memilih untuk lisensi sebuah desain oleh ATI mereka sendiri dan membuat perjanjian untuk manufaktur Xbox 360’s graphics hardware, seperti yang telah mereka untuk Nintendo Wii console untuk mensukseskan ATI yang berbasis gamecube.)
Pada tanggal 4 Februari 2008, nVidia mengumumkan rencana untuk memperoleh perangkat lunak produsen fisika AGEIA, PhysX fisika mesin yang merupakan bagian dari program ratusan games pengiriman atau dalam pembangunan untuk PlayStation 3, Xbox 360, Wii, dan game PC. Transaksi ini selesai pada 13 Februari 2008 dan upaya untuk mengintegrasikan PhysX di GeForce 8800’s CUDA sistem dimulai.
Pada tanggal 2 Juni 2008 secara resmi mengumumkan nVidia baru Tegra produk-line.The Tegra adalah Sistem-on-a-Chip (Soc) yang terintegrasi sebuah ARM CPU, GPU, Northbridge dan Southbridge menuju satu keping. Komentar [who?] Berpendapat bahwa Nvidia menargetkan produk ini akan di-ponsel cerdas dan perangkat mobile Internet sektor. Chipset grafis
* NV1 – nVidia produk pertama, berdasarkan kuadrat permukaan
* Dan Riva 128 Riva 128ZX – 5 dukungan DirectX, opengl 1 dukungan, nVidia pertama DirectX-compliant hardware
* Riva TNT, TNT2 Riva – 6 dukungan DirectX, opengl dukungan 1; rangkaian yang dibuat nVidia pasar-pemimpin
* NVidia GeForce – Desktop-grafik percepatan-solusi
* NVidia Quadro – berkualitas tinggi solusi workstation
* NVidia Tesla – Dedicated GPGPU untuk memproses sistem High Performance Computing
* NVidia GoForce – Media prosesor untuk PDA, Smartphone, dan ponsel dengan teknologi nPower
* GPU untuk game konsol
o Xbox GeForce 3 – kelas GPU (pada Intel Pentium III / Celeron platform)
o PlayStation 3 – RSX ‘Realita synthesizer’
Nvidia GTX Titan Merupakan Graphic Card Terbaik dari semua Nvidia, Bahkan Terbaik di Dunia

Banyak orang yang bertanya - tanya  Apa sih VGA Reference itu? dan apa sih bedanya Reference dan Non Reference? terus OC Edition itu maksudnya apa? Okelah saya Jelaskan
3. VGA Reference
Nvidia GTX 950 
Tipe Reference Design / Desain Referensi adalah Tipe VGA Original dari pabrik (ATI/NVIDIA). desain, Performa, Clock, Fitur, Bentuk PCB, maupun Pendngin/kipasnya semua original sama seperti yg diperkenalkan oleh ATI/NVIDIA-nya. yang membedakan ialah Distro/Vendor (ASUS, GIGABYTE, GECUBE, Dsb.) hanya menempel logo perusahaannya dan memaket produknya dengan cara sendiri2. Pada dasarnya tipe vga desain referensi semua sama.. hanya dikasih logo saja pada VGAnya.
4. OC Edition / VGA Non Reference

Tipe Overclock Edition (OC) atau yang disebut non-Reference Design merupakan tipe vga modifikasi dari vendor/Distro (Gecube, ASUS, SAPPHIRE, Dsb). Bentuk PCB, Kipas, Clock, dsb dimodifikasi sedemikian rupa agar VGA lebih dingin, Lebih cepat, dan lebih irit listrik dari VGA Design Reference. Biasanya para Vendor/Distro menaikkan clock, Memory, dsb untuk meningkatkan performa VGA. Tentunya dengan harga yg lebih mahal. Contohnya bisa kita lihat diberbagai produk misalnya; HIS dengan seri ICEQ-nya, PALIT / D.A. dengan seri SONIC-nya, ataupun SAPPHIRE dengan seri TOXIC-nya.


5. Next??

   Yap itulah Sementara discuss kita tentang VGA dan Trimakasih Telah menyaksikan obrolan kita seputar VGA atau Graphic Card. dan jangan lupa untuk membaca Review ini dan Review ini dan Tungguin Kelanjutanya di Discuss Apa VGA itu? (Part2). 

arigatou gozaimasu ^^




Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment